blog-img

Tiga Lingkungan Pendidikan Anak ( By .Lucia Ika )

Administrator | Pendidikan

Lingkungan pendidikan adalah lingkungan yang memungkinkan untuk terjadinya suatu pendidikan dan terjadinya interaksi antarmanusia. Tiga lingkungan pendidikan saling berkaitan yaitu lingkungan keluarga, sekolah,dan masyarakat. Ketiga lingkungan ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya dan tidak dapat dipisahkan sebagai sarana untuk mendukung dalam mengembangkan potensi anak dalam mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Lingkungan yang pertama adalah lingkungan keluarga, keluarga adalah lingkungan pertama dan utama, dan sebagai dasar pengembangan watak bagi anak dalam mengikuti pendidikan formal. Dalam keluarga, anak pertama kali mengenal tentang norma-norma, nilai-nilai yang berlaku dalam kehidupan. Keluarga sebagai landasan pertama sebagai pembentuk dasar watak anak untuk perkembangan selanjutnya. Keluarga adalah lembaga pendidikan pertama dan utama bagi manusia, karena dalam keluargalah manusia dilahirkan dan berkembang menjadi dewasa. Fungsi keluarga yaitu membekali anggota keluarga agar dapat hidup sesuai dengan tuntutan nilai agama, pribadi, dan lingkungan. Fungsi keluarga menurut M.I. Soelaeman. Fungsi sosialisasi, proteksi (perlindungan), afeksi (Perasaan), religius, ekonomi ,rekreasi, dan biologis. Adapun peranan pendidikan keluarga bagi anak adalah pengalaman pertama masa kanak-kanak, menjamin kehidupan emosional anak, menanamkan dasar pendidikan moral, memberikan dasar pendidikan sosial, peletakan dasar-dasar keagamaan.

Lingkungan kedua adalah lingkungan sekolah, lingkungan sekolah digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pengetahuan dan teknologi yang kompleks sesuai dengan perkembangan zaman. Sekolah merupakan lembaga pendidikan kedua setelah keluarga, yang berfungsi untuk melanjutkan pendidikan dalam lingkungan keluarga, di dalam sekolah guru sebagai pendidik utama. Sekolah lebih menitikberatkan pada penyampaian ilmu pengetahuan dan teknologi kepada anak didik. Pendidikan di sekolah merupakan proses pembelajaran yang merupakan serangkaian kegiatan yang memungkinkan terjadinya perubahan struktur atau pola tingkah laku seseorang dalam kemampuan kognitif, afektif, dan keterampilan yang selaras, seimbang dan bersama-sama turut serta meningkatkan kesejahteraan sosial. (Sadulloh,2010).

Lingkungan yang ketiga adalah lingkungan masyarakat, anak banyak hidup dan bergaul di dalam masyarakat, dengan tetangga, teman sebaya interaksi tersebut akan melengkapi dalam perkembangan anak. Masyarakat adalah sekelompok orang yang berinteraksi antarsesama, saling tergantung dan terikat oleh norma yang ditaati bersama, memiliki wilayah yang sama, serta memiliki kepentingan bersama. Di dalam lingkungan masyarakat tersedia berbagai sumber belajar baik yang dirancang maupun yang tidak dirancang. Lingkungan masyarakat sebagai sarana belajar yaitu dari pengalaman hidupnya, dengan kata lain manusia berusaha mendidik dirinya untuk memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia di masyarakat ketika berinteraksi dengan orang lain, bekerja, bergaul dan lain-lain. Jadi fungsi masyarakat sebagai pusat pendidikan tergantung kepada perkembangan masyarakat beserta sumber lain yang tersedia.

 

Referensi

Sadulloh, Uyoh, dkk. 2018. Pedagogik : Ilmu Mendidik . Bandung : Alfabeta

Bagikan Ke: