Logo
Curiosity Day: Jelajah Untuk Belajar
Tanggal Post

30 Januari 2025

Author
Administrator
Kategori
Kegiatan
curiosity-day-jelajah-untuk-belajar

Penulis: Veronica Andhita Sulistyawati, S.Psi

 

“The power to question is the basis of all human progress” 

-Indira Gandhi-


Rasa ingin tahu (curiosity) adalah salah satu sifat alami manusia yang seringkali terlupakan seiring bertambahnya usia. Rasa ingin tahu kerap kali diawali dengan tanda tanya besar “mengapa” dan “bagaimana” yang berkembang dari berbagai fenomena, ketertarikan, dan pengalaman sehari-hari. Menurut Jean Piaget, Curiosity merupakan kunci perkembangan kognitif pada anak. Curiosity mengembangkan keinginan eksploratif yang memberikan pengaruh pada kemampuan adaptif anak dan pengenalan tentang diri. Tujuan positif dari curiosity adalah untuk meningkatkan kemampuan problem solving dan komunikasi, mendapatkan kepuasan pribadi dari proses belajar dan mengembangkan wawasan diri, serta menumbuhkan kecintaan pada belajar. Kegiatan pembelajaran yang digerakkan oleh rasa ingin tahu dapat membantu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga kegiatan pembelajaran bukan hanya sekedar rutinitas harian, namun juga menjadi dinamika yang dinamis dan sebagai kebutuhan bagi remaja. Di era modern ini, curiosity atau rasa ingin tahu di kalangan remaja kian menurun.Hal ini dipicu oleh kemudahan untuk memperoleh informasi secara instan. 

 

Salah satu kegiatan yang dirancang untuk membangkitkan kembali Curiosity di SMP Santa Ursula adalah kegiatan Curiosity Day. Kegiatan ini dirancang secara sederhana dengan mengenalkan kembali pada anak tentang berbagai tema dan pengetahuan populer dunia yang menarik untuk mereka eksplor. Anak-anak diberi suatu pertanyaan atau tema secara acak dan mengeksplorasi bahan bacaan di perpustakaan. Harapannya dengan kegiatan ini, mereka tidak sekedar mendapatkan informasi, namun juga pengetahuan dan wawasan baru. Walaupun terkesan riuh dan hectic, namun dinamika didalamnya sangat beragam. Ada yang menikmati proses membaca dan berbagi pengetahuan dengan teman, ada yang membuka sesi diskusi dengan teman-temannya yang memiliki tema serupa, namun ada pula yang menyerah dan perlu dibantu oleh teman lainnya untuk mendapatkan bahan bacaan yang tepat. Berbagai cara kreatif pun mereka lakukan untuk memperoleh pengetahuan, tidak hanya membaca namun juga dengan menyimak gambar dan menganalisis/ menyimpulkan informasi yang didapatkan secara grafis, ilustrasi, maupun visual. Ada pula yang terdorong untuk membaca beberapa buku yang saling terkait dan menarik benang merah dari beragam informasi yang didapatkan dari bahan-bahan bacaan tersebut agar pengetahuan yang didapatkan menjadi utuh dan terpadu. 

 

 

Jadi, apa yang ingin kamu pelajari hari ini?