• SMP SANTA URSULA BANDUNG
  • Entrepreneurship Is Our Mindset
  • smp@santaursula-bdg.sch.id
  • (022) 7274584
  • Pencarian

Student Today; Leader tomorrow

Pada hari Jumat, 7 Mei 2021, siswa-siswi kelas 9 SMP Santa Ursula Bandung mengikuti kegiatan motivasi. Kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan My Promising Future yang telah berlangsung sejak 20 April 2021. Motivasi diberikan oleh Bapak Krismanto Kusbiantoro, yang merupakan wakil rektor Kemahasiswaan Inovasi dan kemitraan universitas Maranatha sekaligus alumni SLTP Providentia (sekarang SMP Santa Ursula). Tema motivasi yang diangkat adalah Student Today; Leader tomorrow. Dalam motivasinya, Bapak Krismanto mengawali motivasinya dengan mengutip pesan dari Amsal 18:15, " hati yang berpengertian memperoleh pengetahuan dan telinga orang bijak menuntut pengetahuan". Beliau menyampaikan bahwa belajar adalah panggilan semua orang seumur hidup. Sempat mengalami kondisi yang kurang bersahabat di masa studinya, tidak mematahkan semangat dan kegigihannya untuk terus belajar. Nah, ini bisa jadi motivasi untuk kita semua ya teman-teman?

  

Ada beberapa hal menarik yang beliau sampaikan, salah satunya tentang belajar sebagai bagian dari mencipta. Ketika seseorang belajar, ia tidak sedang memasukkan pengetahuan di benak mereka, melainkan menciptakan pengetahuan di benak masing-masing. Sama seperti cara kerja otak manusia, untuk mempelajari suatu hal, seseorang perlu menciptakan dan memperkuat jalan di otak masing-masing dan cara untuk meningkatkannya adalah dengan berlatih.

The world is changing, Kolaborasi Revolusi Industri 4.0 dan society industri 5.0, dimana artificial intelligence, the internet of things, dan big data ada di dalamnya, menjadi tantangan global yang tak bisa dihindari oleh kita semua khususnya di dunia pendidikan. Hasil PISA 2018 juga menunjukan bahwa kemampuan siswa Indonesia dalam hal, membaca, matematika, dan science masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara tetangga lainnya, padahal Indonesia menduduki peringkat ke 4 sebagai negara dengan jumlah jiwa terbesar di dunia. Maka dari itu, SDM harus ditingkatkan melalui sistem pendidikan seperti Merdeka belajar, Student-centered learning, dan pendidikan yang berbasis karakter.  Seperti dikutip dari Aristotle, educating the mind without educating the heart is no education at all. Sebagai penutup, Bapak krismanto menegaskan bahwa setiap siswa harus mempunyai goal/purpose dalam hidup, harus mempunyai circle pertemanan yang baik, dan selalu bersikap jujur.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam ini mendapat antusiasme dan tanggapan positif dari para siswa. seperti yang disampaikan oleh Kevin Fernando kelas 9B “Pak Krismanto ini adalah alumni yang bisa jadi panutan & motivasi. Kita bisa mengambil dan menyerap sharing dari beliau khususnya untuk siswa kelas 9, bisa jadi  bekal kami saat sudah lulus dan berlanjut ke jenjang selanjutnya agar bisa semakin tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik”. 

Semoga kegiatan ini menjadi bekal masa depan kalian ya. Salam Serviam!

 

Agnes Lisdiantini

Guru SMP Santa Ursula Bandung

Komentari Tulisan Ini