• SMP SANTA URSULA BANDUNG
  • Entrepreneurship Is Our Mindset
  • smp@santaursula-bdg.sch.id
  • (022) 7274584
  • Pencarian

Belajar Communicating Sejak Dini di TB-TK Santa Ursula Bandung

Aku pelihara Ikan di rumah ….

Aku buat Taman Komodo dibantu mama dan papa….

Sepenggal kalimat yang diceritakan oleh anak-anak ketika mengomunikasikan hasil POE di depan Suster, guru, orangtua, dan teman-temannya

 

Prose belajar merupakan proses kolaborasi  antara orang tua, guru, dan lingkungan sekitar kita, pendidikan tidak hanya diserahkan 100% kepada pihak sekolah, akan tetapi bagaimana orang tua dan sekolah bekerja sama untuk semakin mengembangkan, mengeksplor kemampuan  sehingga anak tidak hanya menjadi pribadi pasif atau  menerima. Proses belajar di TB-TK Santa Ursula merupakan proses belajar yang mengembangkan diri atau mengaktualisasi kemampuan anak-anak secara maksimal. Bagaimana guru dan orang tua bekerja sama memberdayakan lingkungan untuk sumber belajar.

Kolaborasi yang menarik antara guru dan orang tua dalam memberdayakan lingkungan dan sarana lain menjadi media belajar. Anak-anak TK A dan TK B mengomunikasikan hasil eksploring mereka melalui sebuah cerita. Bercerita merupakan suatu keterampilan yang sangat baik ditanamkan sejak usia dini, anak di usia dini tidak hanya mendengarkan atau menonton tetapi bagaimana anak-anak berusaha untuk menceritakan hal-hal yang mereka dapatkan baik dari menonton video dari youtube, cerita orangtua, melihat langsung binatang yang akan diceritakan kepada orang lain. Menyadari bahwa anak memiliki banyak kecerdasan atau yang disebut multiple intellgence,  kecerdasan bukan hanyak kecerdasan matematis dan logis akan tetapi banyak kecerdasan lain seperti kecerdasan lisan atau bahasa, fisik dan gerak, musik dan ritme, alam, dan lain sebagainya.

TB-TK Santa Ursula Bandung berusaha memfasilitasi berbagai kecerdasan yang dimiliki  tersebut dengan  POE yang dikomunikasikan pada tanggal 31 Mei sampai dengan 7 Juni 2021. Communicating yang sangat menarik dan melatih keberanian anak-anak untuk mempresentasikan hasil karya mereka di depan guru, teman-teman dan orangtua. Filosofi pendidikan entrepreneur telah ditanamankan sejak dini di TB-TK Santa Ursula Bandung bahwa anak-anak dilatih bertanggung jawab, jujur dalam mempertanggujawabkan hasil karyanya.

Semoga proses belajar ini menjadi sarana pembelajaran terbaik di masa pandemi ini, orangtua dan sekolah dapat berkolaborasi untuk menghasilkan anak-anak yang berkualitas di masa yang akan datang.

 Salam Serviam

Komentari Tulisan Ini